Gpp, gw udah biasa kok…

“Bro sory kemarin gk jadi Dateng, gw ada urusan kepanitiaan” “Oh.. gpp, gw udah biasa kok…”

Obrolan singkat, yang mungkin udah gak asing di telinga Lo. Apalagi yang punya banyak banget relasi. Ntah sama temen komplek, temen kampus, kolega, dosen, dan makhluk-makhluk yg lainnya. 

Kayanya sebagian dari lo udah ngerti gimana rasanya jadi si “Gpp, gw udah biasa kok…” Sakit? Nyesek? Bikin KZL? Ya kebanyakan sih gitu… Padahal gw udah biasa kok…

Pernah mandi di gunung? Pake air panas atau air dingin? Sebagian dari pendaki pemula merasakan betapa dinginnya mandi di pagi itu. Padahal kalo tanya penghuni daerah gunung. Di pagi yg sama, tempat yg sama tapi yang dirasakan penghuni gunung biasa-biasa aja. “Mas dingin banget mandi di daerah gunung” “hehe iya mas emang, tapi gw udah biasa…” Kata penghuni yg tinggal di daerah gunung.

Kasus kaya gitu sebenernya udah sering banget terjadi di banyak fase kehidupan kita. Ntah sadar atau ngga, sebenernya kalo kita sadar tentang itu, efeknya bakal kemana-mana. Sakit gk akan kerasa kalo kita udah biasa. Liat ospek militer keliatannya gila banget. Tapi kalo nanya ke anggotanya mungkin “gw udah biasa kok…” Liat seorang mahasiswa sibuk belajar pagi malem kayanya setres banget, tapi kalo nanya setres atau ngga “gw udah biasa gini kok”

Ada pepatah berkata bahwa “bisa karena biasa”. Kunci kesuksesan yang paling manjur menurut gw adalah Good Habit. Kebiasaan baik bakal nuntut kita buat ngelakuin hal yg produktif di tiap harinya, ngerasa kalo ngebantu orang lain tuh udah jadi hiburan, belajar sebagai kebutuhan. Secara sadar atau ngga, kita bakal ngejalanin kebiasaan kita. Biasanya sih dari sadar dulu dan lama kelamaan aktivitas itu bakal jadi kebiasaan kita.

Umumnya, kebiasaan bisa kebentuk kurang lebih selama 1 bulan (untuk efek yg lumayan kuat). Cuma lumayan sulit buat mulai. Tapi kalo udah tancap gas biasanya males nge-rem. Nah, bahayanya kalo kita ngelakuin hal yg buruk selama sebulan dan jadi kebiasaan kita, konsekuensinya sama aja which is males atau susah nge-rem/berhenti. Kalo bad Habit gk di stop kan gaswat.

Kalo udah biasa kerja keras, keringat pun udah kerasa lagu buat ngebangkitin semangat balik. Kalo udah biasa olahraga pagi, badan juga ikut sehat, kalo badan sehat bakalan banyak banget kegiatan bermanfaat yang bisa kita optimal-in.

So, disini.. di tulisan gw tepatnya siang hari. Gw lagi duduk pegang hp ditemani buku dan gw lebih milih baca hp daripada buku. Disini gw terinspirasi buat nulis tentang habit. Ternyata efek Habit bener-bener parah. Buku yg ilmunya se-abreg gw lupain cuma buat liat video kocak dari platform sosial media. Haduh… 😨

Leave a Reply

